Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis, sistematis, dan kreatif melalui pendekatan Computational Thinking (CT). Peserta akan memahami empat pilar utama CT — dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma — serta bagaimana menerapkannya dalam konteks pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengembangan inovasi digital.
Melalui kombinasi teori dan praktik, peserta akan dilatih untuk mengidentifikasi masalah kompleks dan memecahnya menjadi langkah-langkah terstruktur yang dapat diimplementasikan, baik dalam kegiatan belajar-mengajar maupun dalam pengembangan solusi digital sederhana.
| No | Materi | JP |
|---|---|---|
| 1 | Pendahuluan | 1 |
| 2 | Konsep Computational Thinking dalam Pembelajaran | 2 |
| 3 | Computaional Thinking dalam Pemecahan Masalah | 20 |
| 4 | Perancangan Pembelajaran Terintegrasi Computational Thinking | 7 |
| 5 | Refleksi dan Penutup | 2 |